mengatasi gambar instagram pecah di postingan

Mengatasi Upload Gambar Instagram Agar Tidak Pecah

Mengingat kembangan media sosial di internet yaitu Instagram lebih memfokuskan pada gambar dan video pendek. Hal tersebut membuat kita harus belajar lebih jauh agar gambar terlihat jernih dan tidak pecah oleh pengunjung. Mari kita belajar bagaimana cara mengatasi upload gambar Instagram agar tidak pecah.

Ingin tahu mengapa Instagram terdapat tulisan from Facebook?

Mengapa Harus Mengatasi Gambar Tidak Pecah di Instagram?

Memiliki gambar yang jernih di Instagram yang tidak pecah adalah keharusan seorang instagrammer. berikut alasan mengapa gambar Instagram tidak boleh pecah :

  1. Ingin terlihat keren
  2. Agar banyak yang memfollow Instagram kita
  3. Kita juga menginginkan gambar yang jernih dan tidak pecah
  4. Menarik perhatian untuk Instagram bisnis
  5. Dan lain sebagainya

 

Mengatasi Gambar Instagram Agar Tidak Pecah

Terdapat beberapa solusi mengatasi gambar yang diupload di Instagram agar tidak pecah. Bagi anda seorang pebisnis di Instagram harus mengikuti panduan berikut.

Resolusi Gambar Profile Instagram Agar Tidak Pecah

Secara default ukuran dan resolusi gambar pada profil Instagram yaitu 110×110 pixel. Anda bisa mengaturnya dengan resolusi lain yang penting gambar tersebut memiliki rasio panjang kali lebar 1:1. Atau biasa disebut gambar persegi empat sama sisi dan kubik.

Resolusi pixel yang direkomendasikan selain ukuran 110×110 antara lain :

  • 128×128
  • 161×161
  • 256×256
  • 512×512
  • 1024×124
  • 1080×1080

Ingat meskipun rasio sudah sesuai namun gambar Instagram masih pecah, hal tersebut bisa jadi dikarenakan kualitas kamera yang diambil sebelumnya. Jadi disini kita masih berfokus pada dimensi gambar atau ukuran XL yang yang direkomendasikan dari Instagram.

Resolusi Gambar Instagram Posts Sangat Cocok

Resolusi gambar postingan di Instagram yang sangat cocok agar tidak pecah yaitu 1080×1080. Anda bisa menggunakan rasio gambar yang lebih tinggi. Semakin besar resolusi gambar post Instagram maka semakin jernih yang menjadikan tidak pecah.

Mengapa gambar Instagram post standar ukuran 1080×1080?

Mengingat banyaknya device seperti laptop bahkan komputer membutuhkan jutaan warna agar bisa terlihat sempurna. Sehingga resolusi tersebut dibuat sebagai standar minimum Instagram post yang tidak pecah.

Secara default meskipun kita gambar Instagram dengan resolusi 1080 * 1080, otomatis gambar terkompres menjadi 612 * 612 pixel. Kemudian jika berada di online atau feed resolusi gambar berubah menjadi 510 * 510 piksel.

Tidak hanya dimensi diatas saja. Anda dapat memakai dimensi 1080×1350( Portrait) ataupun 1080×566( Landscape).

Sudah tahu cara irit kuota Facebook?

Resolusi Gambar Instagram Thumbnails Posting Yang Tidak Pecah

Ukuran Gambar Instagram Thumbnail Posting standartnya 161×161. Thumbnail Instagram standart tidak pecah umumnya yaitu 161×161.

 

Aplikasi Merubah Gambar Menjadi Kotak/ Persegi Sama Sisi?

Banyak aplikasi yang menyediakan untuk mengedit gambar menjadi kotak agar tidak pecah ketika upload di Instagram. Berikut aplikasi pengedit gambar menjadi kotak yang bisa anda pakai dari PlayStore :

  1. Galeri bawaan
  2. Snapseed
  3. Image cropper
  4. Image resizer
  5. Dan lain sebagainya

Semoga dengan penjelasan tentang Cara Mengatasi upload gambar di Instagram tidak pecah dapat membantu anda. Jika masih bingung silahkan diskusikan di komentar.

Leave a Comment