Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula

Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula

SERBARENA – Kamu hobi membaca dan menulis? Ingin membuat sebuah cerita pendek namun kamu bingung harus mulai dari mana? Atau kamu tiba-tiba mendapat ide bagus tapi buntu bagaimana cara menuangkan idemu dalam sebuah karya?
Cerpen atau cerita pendek adalah bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa, dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis. (Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Cerita_pendek)
Nah setelah tahu apa pengertian cerpen, kamu juga harus baca tips-tips ampuh untuk membuat cerpen. Nah apa saja tipsnya? Simak yuk!

Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula

1. Tentukan Tema

Tema adalah ide atau gagasan yang mendasari  sebuah cerita. Tema bisa beragam macamnya; ada tema cinta, keluarga, pendidikan, sosial, politik, dan sebagainya. Nah tips untuk kamu yang masih pemula dalam menulis cerpen, carilah tema yang sederhana. Pilihlah tema yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harimu. Pengalaman juga boleh kok. 
 Usahakan untuk tidak menggunakan tema-tema berat seperti penelitian atau sejarah ya guys, karena nantinya selain kamu harus menulis ceritamu,- kamu juga harus melakukan riset detail. Itu akan sedikit lebih merepotkan.

2. Hidupkan tokoh 

Tips selanjutnya untuk menulis cerpen adalah, bangun tokoh dan karaktermu. Tokoh harus senyata mungkin yah guys. Jangan sampai kamu bikin para pembaca mengernyit heran dengan tokoh yang kamu ceritakan. Walaupun yang kamu ceritakan adalah tokoh khayalan sekalipun, usahakan tetap bisa membuat pembaca ngeh dengan apa yang kamu maksud.
Nah untuk tips membangun tokoh dan karakternya dalam ceritamu, kamu bisa tuh membayangkan karakter tokohmu dengan orang-orang di sekitarmu. Atau dengan orang-orang didunia nyata. Visualisasikan tokohmu semirip mereka. Itu bisa memudahkanmu saat menulis, ketika kamu membayangkan tokoh dan konfliknya dalam benakmu. Seperti memutar film.

3. Buat konflik yang sederhana, dengan melibatkan beberapa tokoh yang tidak terlalu banyak. 

Seperti yang kita tahu, bahwa cerpen adalah cerita yang singkat dan langsung pada intinya. Nah maka dari itu, buatlah konflik atau permasalahan sederhana dan tidak melibatkan banyak tokoh. Kenapa? Sebab konflik terlalu rumit dan tokoh yang banyak membuat penyelesaian konflik akan semakin lama. Bisa-bisa malah ada yang belum selesai. Kan ribet?

4. Gunakan Alur Maju

Alur atau plot merupakan urutan terjadinya peristiwa. Secara garis besar, alur ada tiga macam nih. Ada alur maju, alur mundur juga alur campuran. 
Nah untuk kamu yang masih pemula saat menulis cerpen, kamu bisa pakai alur maju. Alur ini lebih memudahkan kamu karena alur ini berjalan runtut ke masa depan. Kamu tidak perlu membuat ceritamu berbelok-belok. Cerita dengan alur maju pun lebih mudah dipahami pembaca. 
Contoh alur maju : kamu menceritakan perjuangan tokoh utamamu dari sekolah, kuliah dan sukses setelah bekerja.

5. Pakai sudut pandang yang unik

Tips selanjutnya adalah gunakan sudut pandang, yang mana orang-orang tidak menyangka kamu akan pakai sudut pandang seperti itu. Sudut pandang yang spesial ini akan membuat para pembaca mengenal siapa penulisnya. Bisa jadi malah cerpenmu selalu dinanti-nanti karena punya ciri khas.
Misalnya : apa pendapat kalian tentang kerupuk? Aku selalu iri pada kerupuk. Kulitnya putih bersih dan badannya ringan. Dan dia selalu dicari orang. Tidak sepertiku.

6. Mulai menulis. 

Udah baca tips-tips diatas tapi masih mager buat nulis? 
Ayo semangati dirimu. Menulis itu mudah, apalagi di zaman sekarang. Kamu bisa tuangkan idemu di buku kecil yang biasa kamu bawa ke mana-mana. Kamu bahkan bisa menulisnya dalam smartphone mu. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu download secara gratis untuk mendukungmu dalam menulis. Jadi tunggu apalagi?

7. Perbanyak referensi bacaan dan berlatih

Setelah mulai menulis, kamu akan jadi lebih terbiasa. Banyaklah membaca buku untuk mendapatkan referensi dan memperbanyak kosakata. Teruslah berlatih menulis apa saja yang terbesit diotakmu, kapan pun dan dimana pun. Kamu akan jadi penulis hebat.
Selingi untuk jalan-jalan juga ya guys. Untuk me-refresh otak kita yang mudah jenuh.

8. Buatlah kerangka sederhana dari awal dan bagaimana cerita itu akan berakhir dalam satu paragraf. 

Ini nih yang sering diabaikan oleh para penulis pemula. Kerangka. Sangking enaknya menulis, eh pas ditengah-tengah ada urusan, pas balik mau nulis lagi. Eh lupa. 
Nah di sinilah pentingnya kerangka. Kamu bisa membayangkan bagaimana kisahmu akan berakhir, dan tidak melebar ke mana-mana. Kerangka juga bisa berfungsi sebagai pengingat loh, pas kadang-kadang kamu lupa mau nulis apa atau mau melanjutkan kayak gimana. So jangan lupa untuk menulis kerangka ceritamu ya guys.

9. Jurus terakhir, yang paling ampuh : kalau sudah mentok, ya udah anggap saja tamat.

Pernah merasa buntu ditengah-tengah? Udah mikir keras, tapi nggak nemu-nemu inspirasi? 
Jangan menyerah karena mentok guys. Anggep aja kalau mentok berarti tamat. Sesimpel itu. 
Kenapa? Karena jika kamu terlalu memikirkan kebuntuan idemu, kamu akan terhambat untuk menyelesaikan karyamu yang lain. Kan sayang banget tuh. 
Itulah tips-tips menulis cerpen ala mimin. Udah siap nulis sekarang? Udah nggak bingung lagi?
Semangat yah! Kamu pasti bisa! 
Leave a Comment