Cek pajak plat motor

Trik Mengecek Pajak Plat Motor Lewat SMS Sesuai Lokasi

Teknologi semakin canggih membuat kita bisa dengan mudah mengecek pajak kendaraan bermotor melalui plat berdasarkan daerah. Cukup ketahui trik mengecek pajak plat motor lewat SMS agar tidak merepotkan untuk datang ke ke Samsat. Manfaatkan HP anda dengan cara mengirim SMS sesuai perintah untuk mengecek pajak motor melalui plat.

Kendaraan bermotor tentu memiliki STNK (surat tanda nomor kendaraan) yang mana berfungsi untuk mengontrol negara dalam mengelola warganya yang memiliki sebuah barang kena pajak. Pemilik motor kemanapun dan kapanpun harus membawa STNK.

Jika anda memiliki motor namun tidak memiliki STNK maka k-pop perintah akan menganggap bahwa anda memiliki kendaraan yang mencurigakan. Yang mencurigakan tersebut adalah motor tersebut bukan milik anda.

Setiap motor STNK wajib membayar pajak berdasarkan tahun yang ada di plat motor. Pemilik motor harus membayar pajak secara rutin dan sesuai peraturan.

Terdapat trik mengecek pajak plat motor lewat SMS dengan tujuan untuk memudahkan pemilik motor semakin mudah dalam membayar pajak.

 

Trik Cek Pajak Plat Motor Lewat SMS

Trik yang sangat sederhana untuk orang awam terutama di pedesaan agar bisa mengecek pajak plat motor adalah lewat SMS. Tidak dibutuhkan biaya kuota internet namun hanya pulsa yang sangat murah sekitar rp500.

Sangat disayangkan bahwa melakukan trik mengecek pajak plat motor melalui SMS hanya bisa dilakukan beberapa wilayah saja titik tidak semua wilayah yang ada di Indonesia bisa melakukan trik ini.

Wilayah yang bisa melakukan trik mengecek pajak motor lewat SMS antara lain : Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta, Banten dan Kepulauan Riau. berikut trik mengeceknya melalui SMS berdasarkan lokasi :

  • Trik Cek Plat Nomor Jakarta. Triknya kirim SMS ke No 1717 dengan Format Metro[spasi]Nomor Polisi Kendaraan. Penyusunan No polisi tidak gunakan spasi, Contoh: Metro B1234CD Buat Bayaran SMS merupakan Rp 1000.
  • Daerah Jawa Barat. Triknya Kirim Pesan SMS ke 08112119211, Format penyusunan: Info[spasi]Nomor Polisi[spasi]Warna kendaraan. Contoh: D1234EF Putih
  • Daerah Jawa Tengah. Triknya Kirim SMS ke 9600, Formatnya: JATENG[SPASI]Nomor Kendaraan
  • Cek Plat motor Jawa Timur. Trik cek pajak plat motor Kirim Pesan ke 7070, formatnya JATIM[spasi]Nomor Polisi Kendaraan, Contoh: JATIM AG4321CD
  • Cek No plat motor Yogyakarta. Triknya Kirim SMS ke 9600 dengan Format pesan DIY[spasi]Nomor Kendaraan
  • Daerah Kepulauan Riau. Triknya kirim SMS ke no 9969 dengan format KEPRI[spasi]Nomor Polisi Kendaraan

Setiap mengecek pajak motor melalui plat dengan SMS dikenakan biaya tergantung sesuai operator seluler yang dipakai. 

Pengalaman admin sendiri pada saat mengecek pajak motor kendaraan menggunakan kartu simpati pulsa terpotong Rp.550 rupiah. Setiap lokasi se-indonesia memiliki tarif sendiri. Bisa jadi menjadi semakin lebih murah atau bahkan semakin lebih mahal.

Cek dimari untuk cek online di e-samsat e-samsat

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Setiap tahun motor membayar pajak dan terdapat syarat yang harus dilakukan. Pajak motor ini dilakukan setiap setahun sekali. Adapun syarat membayar pajak motor antara lain :

  1. KTP asli pemilik motor beserta fotokopinya
  2. STNK asli disertai fotokopinya
  3. BPKB asli dan fotokopinya

Syarat bayar pajak motor tersebut harus disiapkan sebelum melakukan pembayaran di samsat wilayah motor.  Jika anda meminta bantuan orang lain untuk pembayaran pajak motor maka dibutuhkan surat kuasa atas pembayaran tersebut.

Ingin tahu cara mengecek keaslian HP Xiaomi?

Syarat Bayar Pajak Plat Motor

Pengurusan pajak 5 tahunan beda kalau dibandingkan dengan pajak tahunan. Anda tidak hanya perlu membayar pajak, tetapi juga disertai penggantian plat nomor serta penerbitan STNK baru. Oleh karena itu, biaya yang perlu dibayarkan juga jauh lebih banyak dibandingkan pajak sepeda motor tahunan. 

Tidak hanya mempunyai nominal pembayaran lebih banyak, Anda juga perlu mempersiapkan syarat bayar pajak motor 5 tahunan yang lebih banyak. Setidaknya, ada lima persyaratan yang perlu dipersiapkan, yakni: 

  1. KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya
  2. BPKB asli dan fotokopinya
  3. STNK asli beserta fotokopinya
  4. Sepeda motor
  5. Formulir perpanjangan STNK
Leave a Comment